Tuesday, April 26, 2016

10 Game Master System/SMS Terbaik Versi Saya

(sumber gambar: bonaf.deviantart.com)
Konsol Nintendo Entertainment System atau yang disingkat NES buatan Nintendo kerap diasosiasikan dengan video game generasi 8-bit atau generasi ketiga. Padahal, selain NES, ada beberapa konsol 8-bit lainnya yang mencoba peruntungan di industri permainan video ini. Termasuk Sega, yang mencoba peruntungannya di pasar konsol rumahan setelah melihat kesuksesan NES. Sebelum menjadi populer dengan konsol 16-bit mereka yaitu Sega Mega Drive/Genesis, Sega lebih dahulu terjun ke industri video game lewat konsol rumahan mereka yang diberi nama ‘Sega Master System’.

Secara teknis, Sega Master System atau disingkat SMS (bukan pesan singkat lho) memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan NES. Memiliki jumlah palet warna yang lebih banyak dan audio yang lebih berirama, menjadikan SMS sebenarnya unggul di atas NES. Itulah kenapa Sega menamai konsol mereka ini dengan nama ‘Master System’ yang artinya sistem yang lebih baik dibandingkan NES selaku penguasa pasar waktu itu. Sayangnya, kebijakan tidak sehat yang diterapkan Nintendo kala itu membuat konsol yang lebih superior ini memiliki pustaka game yang jauh lebih minim bila dibandingkan NES. Saya tidak akan membahas mengenai kebijakan ini lebih lanjut dalam artikel ini, mungkin nanti pada kesempatan yang lain.


Memiliki jumlah game yang minim ini berdampak pada kepopuleran SMS yang kalah telak bila dibandingkan NES untuk pasaran Jepang dan Amerika Serikat. Namun konsol ini terbilang populer pada wilayah Eropa khususnya Inggris, dan juga di Amerika Latin khususnya di Brazil mengingat minimnya penetrasi NES di wilayah-wilayah tersebut. Selain jumlah game, buruknya cover box art atau sampul  cartridge game-game SMS membuat para gamer Amerika kala itu kurang tertarik untuk menjajal konsol yang memiliki game tersembunyi Snail Game di dalamnya ini.

Konsol Sega Master System alias SMS.(sumber gambar: obsoletegamer.com)

Meski begitu, SMS tetap menjadi salah satu konsol klasik yang memiliki basis peminat bahkan sampai saat ini. Saya sendiri, Gamer Jalanan, sudah mencoba hampir semua gamenya dan secara pribadi kagum dengan game-game yang ada di konsol berwarna kombinasi hitam dan merah ini. Jumlah gamenya memang sedikit, namun kualitas game-game tersebut terbilang baik. Sebagian besar terdiri dari porting game-game Arcade populer seperti Space Harrier dan Hang-On, dan sebagian lagi merupakan game-game orisinal buatan Sega maupun game-game populer yang dibuat ulang oleh Sega.

Karenanya, tidak adil rasanya bila saya tidak membuat daftar 10 game SMS terbaik setelah sebelumnya saya sudah membuat daftar 10 game NES terbaik versi saya. Setelah meluangkan waktu untuk meneliti lebih dalam tentang konsol SMS beserta game-gamenya di Gamer Jalanan Laboratory, akhirnya saya bisa menentukan 10 game SMS terbaik di antara 300-an game yang rilis di konsol 8-bit buatan Sega ini. Adapun kriteria yang saya gunakan untuk menentukan daftar game terbaik ini di antaranya adalah gameplay yang sederhana, adiktif, replay value, kualitas grafis, serta elemen multiplayer. Seperti biasanya, aturan satu game per franchise berlaku dalam penyusunan daftar ini demi hasil yang adil. Dan tanpa banyak bicara lagi, inilah dia daftar 10 game SMS terbaik versi Gamer Jalanan.

10. Buggy Run
Ini adalah game balapan dua dimensi dengan sudut pandang perspektif, menampilkan mobil-mobil buggy. Berbeda dengan game-game sejenis, Buggy Run memiliki aneka fitur yang menjadikannya sebuah game balapan yang lengkap. Mode balapannya terasa fair antara permainan single ataupun multiplayer, dengan kontrol yang begitu mudah. Selain mode balapan klasik dan kustomisasi kendaraan, Buggy Run juga memiliki fitur battle yang menambahkan variasi permainannya.



9. Columns
Ini adalah game puzzle seperti Tetris, bedanya saya mesti menyusun balok-balok dengan pola yang sama untuk menghasilkan poin. Bisa dibilang Columns adalah saingan terdekat dari Tetris yang kala itu begitu populer di konsol NES. Seperti Tetris, Columns memiliki gameplay yang sederhana dan mudah dimainkan siapa saja. Kelebihannya dari Tetris versi NES adalah adanya fitur multiplayer dan juga tingkat kesulitan yang terbilang tinggi. Seperti Tetris, game ini juga begitu adiktif.

8. Gain Ground
Ini adalah sebuah game action dengan premis yang sederhana, mencapai titik keluar tanpa tertangkap musuh. Gain Ground memberikan tantangan tersendiri di setiap levelnya, membuat saya mesti bergerak lebih baik lagi untuk menghindari musuh-musuh yang ada. Ada beragam jenis karakter dalam Gain Ground dengan kemampuannya masing-masing yang membuat permainan sederhana ini menjadi semakin menarik.

 

7. RoboCop Vs. Terminator 
Ini adalah video game persilangan atau crossover yang mempertemukan polisi robot RoboCop dengan robot-robot pembunuh Terminator. Game ini memiliki genre side-scrolling shooter klasik ala Contra, bedanya temponya lebih lambat dan memiliki elemen eksplorasi. Walaupun begitu, elemen-elemen action dalam game ini begitu terasa dengan efek-efek grafis dan suara yang ditampilkannya. Well, kapan lagi saya bisa melihat polisi favorit saya bertempur melawan pasukan robot Terminator.
  

6. Ninja Gaiden
Ini adalah game action-platformer yang dibintangi Ryu Hayabusa dari serial populer Ninja Gaiden. Walaupun memiliki judul yang sama, Ninja Gaiden versi SMS secara keseluruhan sangat berbeda dengan Ninja Gaiden yang rilis di NES. Malahan menurut saya Ninja Gaiden yang dipermak total oleh Sega ini memiliki gameplay dan desain level yang lebih menarik dari versi aslinya yang dibuat Tecmo. Satu-satunya kesamaan yang dimiliki adalah tingkat kesulitannya yang sama-sama membuat kesal.
  

5. Galaxy Force
Ini adalah game pesawat tempur bergaya rail-shooter dengan gameplay sekeren namanya. Tantangan dalam game ini terbilang tinggi, dengan begitu banyak pesawat musuh, asteroid, dan rintangan yang menghadang. Suasana yang diciptakannya cukup mewakili pertempuran luar angkasa yang cukup populer kala itu. Ada beragam pilihan level yang bisa dicoba, membuat replay value dalam game ini terbilang tinggi.


4. Wimbledon II
Ini adalah game olahraga tenis yang mendompleng nama turnamen Wimbledon, berikut nama-nama para atletnya. Hasilnya tidak mengecewakan, Wimbledon II menghadirkan sebuah permainan tenis yang cepat dan dinamis, membuat saya terbawa dalam suasana turnamen yang begitu intens. Selain daftar petenis dunia yang bisa digunakan, Wimbledon II juga memiliki beragam fitur permainan termasuk memungkinkan saya berpasangan dengan petenis yang dikendalikan komputer.
  

3. Wonder Boy III: The Dragon’s Trap
Ini adalah sebuah game platformer dengan elemen RPG dan penjelajahan. Meski saya tidak suka dengan desain karakternya yang menurut saya sama sekali gak keren, tapi gameplay-nya membuat saya sulit untuk tidak setuju bila game ini masuk dalam daftar game SMS terbaik. Level pertamanya saja sudah membuat saya terkejut dengan twist yang dihadirkan, belum lagi kejutan-kejutan dalam jebakan naga yang menanti di sepanjang permainan.

  
2. Sonic The Hedgehog
Ini adalah game Sonic The Hedgehog yang rilis untuk konsol 8-bit. Meski mengalami penurunan kecepatan yang drastis dari versi aslinya di Mega Drive/Genesis, Sonic The Hedgehog di SMS sama sekali tidak mengecewakan. Bahkan terbilang begitu representatif menghadirkan petualangan Sonic dalam genre platformer yang jamak ditemui di zamannya. Ciri khas Sonic begitu kentara dan well, it’s Sonic, siapa yang tidak suka si landak biru ini.


1. Alex Kidd in Miracle World
Ini adalah game platformer buatan Sega yang ditujukan untuk menandingi Super Mario Bros.. Walaupun tidak mampu menandingi kepopuleran si tukang ledeng, bukan berarti bocah bertelinga monyet yang jago meninju ini tidak menarik untuk dimainkan. Justru, Alex Kidd in Miracle World begitu berkesan di kalangan gamer khususnya pemilik SMS dengan desain level dan gameplay-nya yang inovatif. Sama seperti Wonder Boy, rasanya sulit untuk tidak mengakui Alex Kidd sebagai salah satu game terbaik di konsol rumahan pertama Sega.


****
Itu tadi sepuluh game terbaik di Sega Master System versi saya, Gamer Jalanan. Kalian mungkin tidak mengenal konsol ini karena setahu saya SMS tidak dipasarkan di Indonesia (CMIIW). Tapi bagi kalian gamer yang memiliki minat pada game-game retro, SMS merupakan salah satu konsol yang patut menjadi perhatian. Walaupun tidak sekeras console wars generasi 16-bit, SMS cukup memberi warna pada industri video game era 8-bit berkat game-gamenya yang asyik untuk dimainkan. Buat kalian yang ingin berkenalan dengan SMS, sepuluh game di atas bisa jadi awalan untuk mencobanya.
Atau mungkin kalian sudah mengenal SMS dan memainkan game-gamenya? Kalau memang begitu, game-game SMS apa saja yang paling kalian sukai dan menurut kalian menjadi yang terbaik? Kalau kalian mengaku gamer retro sejati, kalian pasti tidak segan berbagi di kolom komentar. Saya tunggu lho! (gj)

*NB: Screenshot setiap game dalam artikel ini diambil menggunakan emulator Gens+.

No comments:

Post a Comment