Monday, December 28, 2015

10 Game NES Terbaik Versi Saya

(sumber gambar: Official Nintendo)
Sebagai seorang gamer, salah satu hal yang saya sukai dari browsing internet adalah mencari tahu daftar game terbaik versi suatu situs game atau versi para gamer lainnya. Biasanya, di internet banyak artikel atau video yang mengulas daftar game terbaik, entah di game terbaik di suatu platform/konsol game, daftar game terbaik dalam kategori tertentu, atau elemen game terbaik sepanjang masa. Biasanya daftar terbaik ini tersusun dari 10 judul alias Top 10, walaupun beberapa ada juga yang jumlahnya lebih dari itu. Ada yang 20, 25, 50, bahkan 100. 

Dengan melihat daftar game terbaik tersebut, saya bisa mengetahui game-game berkualitas yang ada di suatu konsol. Lantas dengan membandingkannya antara satu versi dengan versi lainnya, saya bisa menyimpulkan game yang paling populer di antara game terbaik yang ada. Dari sini saya bisa mengetahui bahwa setiap versi dari daftar terbaik tersebut unik. Daftar game terbaik yang menjadi rujukan saya biasanya dari Watchmojo, IGN, GamesRadars+, GameTrailers, dan ArcadeSushi. Jadi jangan heran bila kalian bisa menemukan banyak versi daftar game terbaik dalam folder game di laptop saya.


Nah, karena seringnya saya melihat daftar game terbaik tersebut, membuat saya Gamer Jalanan, jadi ingin membuat yang serupa. Saya ingin membuat daftar game terbaik versi saya sendiri. Tentu selera saya berbeda dengan selera situs-situs game atau gamer dunia maya lainnya. Karenanya saya rasa menarik kalau saya membagikan daftar game terbaik versi saya. Biasanya kriteria game terbaik menurut saya itu lebih menekankan pada replay value, yaitu apakah game tersebut masih tetap menarik untuk dimainkan kembali di kemudian hari serta adanya fitur multiplayer.

Untuk jumlah entri terbaik dalam daftar terbaik versi saya bakal berisi 10 nama yang sayang anggap paling baik, paling saya favoritkan di antara yang lain-lainnya. Kenapa 10? Karena memang biasanya peringkat itu terdiri dari 1 sampai 10. Ketika saya sekolah dulu juga penulisan peringkat hanya diberikan kepada anak yang mendapat peringkat 1 sampai 10, sementara peringkat 11 dan ke bawahnya tidak ditulis. Kalaupun ada berarti guru wakil kelasnya lagi rajin banget. Selain itu saya merasa 10 nomor itu seimbang, tidak banyak dan tidak sedikit. Bisa dibilang sudah mewakili dari banyak yang ada. Dan memang kebanyakan daftar game terbaik itu dibuat dalam format top 10.

Konsol NES yang legendaris.(sumber gambar: cumagamer.com)

Untuk mengawali artikel tentang daftar game terbaik tersebut, saya akan membuat daftar 10 game NES terbaik versi saya sendiri, Gamer Jalanan. Kenapa NES? Karena NES atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama ‘Nintendo’, ya memang kepanjangannya itu ‘Nintendo Entertainment System’, merupakan platform game pertama yang saya mainkan. Bisa dibilang konsol game rumahan pertama dari Nintendo yang rilis perdana tahun 1985 ini telah memperkenalkan saya ke dunia video game melalui game-game ikonik dan berkesan yang dimilikinya. Salah satunya tentu saja Super Mario Bros. Dan saat saya masih kecil dulu ayah saya punya konsol ini, versi aslinya yang Asian Version. Jadi bukan versi clone buatan Tiongkok seperti yang banyak tersedia saat ini. Karenanya saya rasa kurang afdol bila tidak memulai artikel daftar game terbaik versi saya dengan daftar game terbaik di NES.

Kalau begitu tanpa banyak bicara lagi, langsung saja saya beberkan 10 video game terbaik di konsol NES versi saya, Gamer Jalanan. Daftar ini sebelumnya pernah saya terbitkan di blog saya yang lama di Weebly, namun di blog tersebut jumlahnya lebih banyak, ada 25 game terbaik. Daftar ini juga sudah pernah saya buatkan versi videonya yang bisa diakses di akun Youtube saya di Retro Lukman. Baiklah tanpa banyak bicara lagi, Ini dia hitungan mundur daftar game terbaik NES versi saya selengkapnya. Selamat membaca!


10.
Ice Climber

Begitu ikonik, mungkin begitulah cara menggambarkan game Ice Climber. Orang eskimo yang menjadi karakter utamanya, alunan musiknya, gunungnya, dan tentu saja, burung merah besar itu. Mengusung gameplay sederhana, Ice Climber mampu menghadirkan sensasi permainan yang begitu seru dan intens. Ketika naik ka atas gunung, saya akan dipaksa untuk terus berusaha naik. Karena kalau saya turun lagi, justru akan game over. Saya ingat betapa menyenangkannya bila saya berhasil memegang burung merah besar yang mengitari puncak gunung. Rasanya seperti one in a million!


9.
Alien 3

Para gamer retro pasti akan cukup terkejut melihat Alien 3 masuk dalam daftar game NES terbaik. Karena game-game rilisan LJN, salah satunya Alien 3, sering disebut sebagai game-game yang buruk. Nyatanya, selera saya berbeda. Alien 3 punya memori khusus dalam pengalaman saya bermain NES, sehingga menurut saya layak masuk daftar game terbaik versi Gamer Jalanan. Game ini bisa dibilang adalah survival horror-nya konsol 8-bit, benar-benar menantang saya dalam berbagai aspek. Ulasan lengkap game ini bisa kalian baca di sini.


8.
Super Mario Bros.

Merupakan pendahulu dari era video game modern, kehadiran Super Mario Bros. tidak bisa dilepaskan dari NES. Saya yakin semua gamer NES pasti memiliki game ini atau setidaknya pernah memainkannya. Sebagaimana saya, Gamer Jalanan, yang telah memainkan petualangan pertama si tukang pipa Mario ini berjam-jam tak terhitung. Gameplay yang sederhana namun dengan kesulitan yang terus naik bertahap, Super Mario Bros. benar-benar memberikan pengalaman video game terbaik bagi para gamer retro di zamannya.


7.
Darkwing Duck

Darkwing Duck merupakan serial animasi Disney favorit saya di era 90-an. Makanya tak heran bila saya tertarik memainkan versi gamenya. Versi NES buatan Capcom merupakan pilihan tepat bagi para penggemar serial bebek superhero ini. Tersaji dalam serangkaian misi penuh aksi, Darkwing Duck di NES merupakan representasi paling pas dari serial animasi yang dulu pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia ini. Ulasan lengkap game ini bisa kalian baca di sini (klik).


6.
Dragon Spirit

Memainkan game shoot’em ups (SHMUPS) dengan menggerakkan pesawat tempur itu sudah biasa. Bagaimana bila yang digerakkan adalah seekor naga? Itu pasti keren sekali! Dan ya, itulah premis dari Dragon Spirit, sebuah game SHUMPS dengan karakter naga berlatar abad pertengahan. Walaupun grafisnya terbilang cukup kasar, namun Dragon Spirit sangat seru untuk dimainkan. Beragam powerups semakin menyemarakkan permainan, di antaranya kemampuan memunculkan kepala tiga atau bayangan naga.


5.
Tetris

Game puzzle yang rasanya tak perlu dijelaskan lagi. Sebenarnya Tetris di NES sangatlah sederhana. Bahkan game ini tidak memiliki fitur multiplayer seperti versi Tengen. Akan tetapi, gameplay yang dihadirkan menurut saya merupakan salah satu gameplay Tetris paling solid yang pernah ada, khususnya di awal-awal ketenaran waralaba buatan Alexey Pajhitnov ini. Saya selalu dibuat penasaran untuk mencapai level yang lebih tinggi dengan kecepatan yang semakin brutal di setiap kali memainkannya.


4.
Blades of Steel

Sangat jarang bagi saya bisa menggemari video game hoki es. Blades of Steel merupakan salah satunya. Dengan tampilan minimalis ala game basket favorit saya, Double Dribble yang juga dibuat Konami, permainan hoki dalam Blades of Steel sangat menyenangkan. Bukan hanya itu, fitur pertarungan tinju tangan kosong yang bisa muncul dalam setiap perebutan bola membuat game ini semakin menantang saja untuk dimainkan. Bersama Double Dribble, saya Gamer Jalanan mendaulat Blades of Steel sebagai salah satu game olahraga terbaik di NES.


3.
Mighty Final Fight

Might Final Fight adalah kaset NES hadiah ulang tahun pemberian kakak saya. Dan begitu memasukkannya ke konsol NES, saya begitu tenggelam masuk ke dalam serunya aksi trio jagoan Cody, Guy, dan Haggar menghajar para penjahat di Kota Metro. Hadir dalam tampilan super deformed (SD), versi mini dari game arcade populer Final Fight ini merupakan game beat’em ups terbaik di NES yang pernah saya mainkan. Walaupun tanpa fitur multiplayer seperti TMNT atau Battletoads, pengalaman bermain tunggal di Mighty Final Fight sudah sangat berkesan. Ulasan saya tentang game ini bisa dibaca di sini.


2.
Super C

Gamer NES tulen pasti kenal dengan Contra, pelopor run and gun yang namanya masih dibicarakan hingga saat ini. Berbeda dengan Contra, sekuelnya yaitu Super C terbilang jarang dibicarakan para gamer retro. Padahal, Super C hadir dengan variasi level yang lebih banyak dan tentunya, bos-bos besar yang menantang. Contra memang tak tergantikan, namun Super C menurut saya lebih bagus dalam setiap aspek. Saya tidak pernah bosan memainkan game ini, apalagi kalau memainkannya berdua.


1.
Super Mario Bros. 3

Saya, Gamer Jalanan, bukan satu-satunya gamer di dunia ini yang mengklaim Super Mario Bros. 3 sebagai game NES terbaik. Ada begitu banyak gamer lainnya di dunia ini yang setuju untuk menempatkan sekuel asli Super Mario Bros. ini di posisi puncak. Super Mario Bros. 3 menyempurnakan gameplay Super Mario Bros. pertama dengan begitu baik. Peta dunia, variasi level, powerups-powerups keren, dan tentu saja, rahasia-rahasia yang disimpannya, membuat Super Mario Bros. 3 begitu berkesan di semua gamer NES, termasuk saya Gamer Jalanan. Game ini sangat menantang, dan saya selalu merasa tertantang untuk memainkan game ini, menamatkan setiap levelnya. Ulasan panjang saya tentang game ini bisa dibaca di sini.



*****


Itu tadi 10 game NES terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Apa di antara game terbaik versi saya di atas salah satunya ada yang kalian suka? Sekarang giliran kalian nih untuk membeberkan 10 game NES versi kalian. Kalian bisa menulisnya di kotak komentar atau membuat postingan blog seperti yang sudah saya lakukan ini. Itupun kalau kalian mengaku sebagai seorang gamer, dan benar-benar seorang gamer. Saya Gamer Jalanan, sampai bertemu di daftar game terbaik lainnya dan... Salam Gamer! (gj)


NB: Screenshot setiap game dalam artikel ini merupakan dokumentasi pribadi.

No comments:

Post a Comment